halal Benarkah sukses direktur, manager, supervisor karena sukses salesman?

 

Dear Businessman,

 

Jabatan ujung tombak seperti marketing reps / salesman / medical reps adalah pekerjaan yang lebih banyak menghabiskan waktu di jalanan. Terlebih di Jakarta yang luas dan selalu macet akhir-akhir ini. Sehingga pekerjaan yang lebih banyak dijalanan ini sering tidak diminati pencari kerja. Walau para mantan orang lapangan ini selalu berbangga kalau dirinya sebagai orang penting diperusahaan. Apalagi bagi yang telah meningkat karirnya menjadi supervisor ataupun bahkan manajer lapangan. Seringkali ada anggapan kalau perusahaan "menggantungkan sebagian nasib penjualan" kepada ujung tombak tersebut. Ada benarnya juga, karena sebagian penjualan yang terjadi adalah karena keterampilan para ujung tombak tersebut. Sebagian lagi karena faktor yang lain. Misal dengan aktifitas pemasaran & penjualan seperti iklan di media massa / jurnal, in-store promotion, round table discussion, sponsorship, diskon dan lain sebagainya. Walau begitu sepertinya kegiatan ujung tombak tersebut tak dapat digantikan oleh yang lain. Tetapi sayangnya di sebagian perusahaan, penghargaan untuk para petugas lapangan belum sepenuhnya sesuai dengan pekerjaannya. Tidak jarang yang selalu bekerja berdasarkan kontrak setiap 6 bulan. Sehingga tidak ada jaminan kelangsungan karier di perusahaan tempat mengabdi.

 

Akibatnya, sering kali terjadi para petugas lapangan tidak bekerja dengan maksimal dikarenakan beberapa hal, seperti kurang mendapat motivasi dari supervisornya, keterampilan menjual yang rendah, tidak menghargai profesinya dan banyak hal lain lagi. Tidak kurang yang menjadi "kreatif-negatif" yaitu kadangkala berbuat nakal dengan menabung tanda tangan kunjungan, menggelapkan dana promosi, menjual produk perusahaan lain, dlsbg. Yang bekerja tidak dengan maksimal maupun yang bekerja dengan kreatif-negatif merupakan tipe ujung tombak yang sering tidak merancang masa depannya dengan baik. Ada kemungkinan karena mereka tidak tahu bagaimana cara bekerja yang baik atau karena kurang diberi motivasi atasannya.

 

Tidak mudah mendapatkan orang lapangan yang bisa self starter dalam bekerja. Dimana mereka bekerja bukan karena tugas, melainkan karena mereka mau mencapai sesuatu. Mereka bekerja karena dorongan dari dalam hatinya. Oleh karena itu diperlukan cara memotivasi agar orang lapangan ini selalu bekerja di rel yang benar, dengan cara yang efektif namun efisien. Untuk itu diperlukan para supervisor yang dapat mengenal dengan baik para anak buahnya. Agar dengan effort  sedikit dapat mencapai target penjualan maupun target non-materiil yang diharapkan.

 

Disadari maupun tidak disadari, keberhasilan Supervisor, Sales Manager, Product Manager, Marketing Manager bahkan direktur perusahaan tersebut adalah karena andil keberhasilan salesman/medical reps/marketing reps/SPG dsb. Oleh karena itu seandainya para ujung tombak tersebut kesulitan memotivasi diri sendiri, menjadi tugas para supervisor dan managernyalah untuk memberikan dorongan.

 

Untuk menambah keterampilan dan wawasan dalam meningkatkan kinerja anak buahnya, para supervisor maupun para manager lapangan harus selalu menambah ilmu secara formal maupun informal. Termasuk melalui cara menghadiri pelatihan singkat cara meng-coach dan mengevaluasi anak buah ataupun cara mensupervisi yang baik dan komprehensif. Atau hanya sekedar membaca buku-buku mengenai ilmu ke-supervisor-an. Karena buku-buku tersebut telah tersedia di toko buku.

 

Para ujung tombak yang telah ikut memberikan andil kesuksesan para atasannya tersebut pasti tidak mau naik motor dan makan debu terus menerus sepanjang kariernya. Karena mereka juga ingin naik pangkat dan mendapatkan posisi maupun penghasilan yang lebih baik dimasa depannya. Namun jangan pernah para atasan menganggap mereka adalah calon pesaing yang harus dimusnahkan terlebih dahulu. Justru untuk kesuksesan para manajer, para ujung tombak  harus selalu dibina agar dapat berkembang ke atas dan karir atasannya juga akan semakin terlihat bersinar.

 

Salam,

 

Fikri C. Wardanatrainer & penulis buku sales / marketing


__._,_.___
Recent Activity:
******************************************

Bergabunglah Di Komunitas Bisnis Halal

******************************************

http://groups.yahoo.com/group/bisnis_halal

******************************************

NO SPAM dan No HARAM

******************************************

http://smsplusblogspot.com

MARKETPLACE

Get great advice about dogs and cats. Visit the Dog & Cat Answers Center.


Stay on top of your group activity without leaving the page you're on - Get the Yahoo! Toolbar now.

.

__,_._,___

0 comments:

Post a Comment

Featured Content