Bls: halal Catatan Kecil : Perubahan cara mendekati pasar di abad ini (Revisi)

 

terimakasih Pak atas saran dan idenya

Pada Sel, 23 Nov 2010 11:13 ICT Ipan Pranashakti menulis:

>ipan pranashakti
>Versi Revisi
>
>Assalamu'alaikum warohmatullahi wabarokatuh
>
>Alhamdulillahhari Sabtu kemaren sy dipercaya sharing dengan beberapa pengusaha di Yogya dan beberapa konsultan, walau ini mungkin sudah biasa, tetapi ada yang menarik untuk dijadikan catatan kecil.
>
>Dari sekian yg meminta sharing – belajar bersama adalah sebuah percetakan skala besar di Yogya, sy bertemu dengan Direktur Utama dan Marketing Manager.Perusahaan ini adalah perusahaan warisan dari Ayahana sang Direktur yang sekarang.Beberapa keluhan yg saya terima ada penurunan omzet, padahal sebenernya omzetnya pun sekarang dari dunia cetak mencetak saja sudah puluhan milyar per tahun, namun memang meneruskan usaha dari manajemen sang Ayah di era 80-90an diteruskan anaknya di era 2005 an ada beberapa perbedaan, sebagai catatan.
>
>Di Abad 21 ini ada sedikit perbedaan yang rekan-rekan bisa pahami. Kalau dahulu kala perusahaan besar maupun kecil cenderung melakukan pemasaran masall, contoh :
>
> 1. Membagi brosur kepada siapapun di manapun
> 2. Mengganggap konsumen itu sama atau rata-rata sama
> 3. Bergantung pada iklan sepenuhnya, sehingga biaya iklan sangat tinggi
> 4. Berusaha memuaskan pelanggan
>
>Di era IT atau era komunikasi ini sebenernya ada beberapa yang sudah bergeser di antaranya :
>
> 1. Pasar saat ini sudah mulai jenuh dengan banjirnya brosur, iklan di
> mana-mana, semua orang ingin jadi pengusaha dan semua ingiin
> membagi brosurnya. Dalam brosurnya hampir semua mengatakan hebat.
> 2. Era Internet telah merubah perilakku pasar yang dahulu sangat
> percaya & tergantung dengan brosur, namun sekarang di era IT
> mereka juga butuh *"komentar "orang lain* yang telah menggunakan
> produk, *review produ*k, *keluhan akan sebuah produk*. TInggal
> mencari semua informasi itudengan duduk santao menggunakan Google
> cukup sudah.
>
>Beberapa hal yang perlu diperhatikan oleh2 rekan-rekan, bahwa gerakan banjir brosur/iklan/baliho.spanduk itu mengakibatkan perubahan persepsi di masyarakat, sehingga kecenderungan saatiniyang bisa dipelajari:
>
> 1. Persempit pasar yang ditarget dengan kata lain jangan selalu
> berpikir masal lagi dah
> 2. Fokus lah pada segmen utama dulu, yang memang "paling butuh sekali
> " produk/jasa Anda, arahkan promosi dan cara promosi sesuai
> perilaku segmen tsb.
> 3. Banyaknya brosur yang mengatakan produk mereka hebat menjadikan
> citra+jati diri produk2 sekarang ini menjadi kabur, konsumen
> terkadang bimbang dalam memutuskan pilihan pembelian. Solusinya :
> Pesan yg ada susun jangan masal, fokus ke segmen, Misal produk
> obat diabetes yg disasar usia Tua, maka media iklan yang
> menggunakan huruf sedikit besar, gambar produk dan testimoni
> diperbanyak, jangan gunakan tinta warna warni dan mencolok,
> bahasan sangat santun. Tentu ini beda dengan untuk obat diabetes
> anak muda yang mungkin masih jarang terkena Diabetes. Cari di mana
> mereka berkumpul misal di Senam Jantung Club yang kita coba cari
> tokoh di sana. Atau justru kita mengangkat "kepopuleran" seorang
> yang diabetes nya sangat parah dan cukup lama dan dicobakan produk
> kita, mengidap diabetes cukup lama maka hampir dipastikan banyak
> yg dulunya menjenguk, membahasnya, menyarankan obat ini obat itu.
> Terutama dalam kelompokya, BANGUN INFO MULUR KE MULUT sebagai
> upaya setelah dampak Iklan/promo. Segmen Orang Tua butuh
> ketokohan, karena secara psikologis kadang orang tua tidak
> mau/rela/ di ajarin yang muda, didiket yg muda. Sehingga bahasa
> komunikasi harus lebih cair dan santun.
> 4. Karena ada Bencana Banjir Brosur, segera keluar dari
> umumnya,*Kredibitas SUmber iklan* menjadi penting saat ini,
> *"Kekuatan Alat"* Iklan menjadi sangat penting saat ini. BUkan
> lagi bonus dan diskonyya saja, tetapi siapa yang mengatakan sedang
> ada DISKON? Bu Lurah, Bu RT, Pak Guru, Artis Iklan, Teman, Ketua
> kOmunitas, Pakar dan Pengamat? LIbatkan lah kredibilitas sumber
> iklan Anda.
> 5. Susunlah strategi Promosi dengan kombinasi Hard Selling dan Soft
> Selling yang tepat, atur waktunya. Ada lebaran, tahun baru, tahun
> ajaran sekolah,dll (untuk detil dan item2 Hard Selling dan Soft
> Selling Online yang lagi trend silahkan baca di Majalah Pengusah
> Muslim edisi bulan ini, sy menuliskan nnya di sana)
>
>
>Di Era lama selalu mentarget Kepuasan Pelanggan, saat ini marilah kita mentarget Kesetiaan Pelanggan, tipsnya :
>
>Fokuslah pada aturan-aturan dan kebutuhan spesifikyang berlaku di masing-masing segmen.
>
>Lihatlah persaingan di provider seluler sekarang sudah mulai mempersempit pasar mereka, ada Im3 yg ke remaja yg doyan SMS, Kartu As ke remaja yang doyan Internet, Three ke Blackberry+sales/marketer yg gemar SMS bisnis dll
>
>Demikian rekan-rekan muslim sekedar sharing saja, semoga ada manfaatnya walaupun itu kecil.
>
>
>Sukses selalu
>
>Wassalamu'alaikum warohmatullahi wabarokatuh
>
>**Ipan Pranashakti **
>- http://www.ipan.web.id & facebook.com/ipan.web.id
>- BBM : 21437DA5 & YM : ipan999
>
>
>
>

__._,_.___
Recent Activity:
******************************************

Bergabunglah Di Komunitas Bisnis Halal

******************************************

http://groups.yahoo.com/group/bisnis_halal

******************************************

NO SPAM dan No HARAM

******************************************
MARKETPLACE

Get great advice about dogs and cats. Visit the Dog & Cat Answers Center.


Stay on top of your group activity without leaving the page you're on - Get the Yahoo! Toolbar now.


Hobbies & Activities Zone: Find others who share your passions! Explore new interests.

.

__,_._,___

0 comments:

Post a Comment

Featured Content