halal BERITA PENYALURAN QURBAN DI MERAPI LAZISMU DAN MITRA

 

BERITA PENYALURAN QURBAN LAZISMU DAN MITRA KERJASAMA

SEDIKIT ORANG MENGALIHKAN BANTUAN UNTUK KORBAN BENCANA  

Liputan6.com(13/11/2010 13:24), Jakarta: Majelis Tarjih dan Tajdid Pimpinan Pusat Muhammadiyah melansir fatwa pengalihan dana hewan kurban untuk membantu korban bencana. Hal itu dianggap lebih baik mendahulukan membantu korban bencana daripada membeli hewan untuk dikurbankan pada Iduladha nanti. Majelis Ulama Indonesia menyambut baik fatwa tersebut, Sabtu (13/11).

Sayangnya Lembaga Zakat Infak Sadaqah Muhammadiyah atau LAZISMU mencatat, dari 3.000 orang yang menyerahkan dana kurban hanya sedikit yang mengalihkan uangnya untuk korban bencana. Sebagai jalan tengah, LAZISMU akan menyalurkan hewan kurban kepada korban bencana alam.

Jelang Iduladha terjadi bencana alam bertubi-tubi di Tanah Air. Mulai banjir bandang di Kota Wasior, Papua Barat atau erupsi Gunung Merapi di Jawa Tengah-Yogyakarta serta gempa dan tsunami di Kepulauan Mentawai, Sumatra Barat. Atas pertimbangan ini Muhammadiyah memandang membantu sesama yang sedang kesulitan karena tertimpa musibah merupakan kewajiban fardu kifayah.(AIS)

 

DIN SYAMSUDDIN KURBAN UNTUK KORBAN MERAPI

JPNN (Selasa, 16 November 2010 , 08:32:00)KETUA Umum PP Muhammadiyah Prof Dr Din Syamsuddin memberikan perhatian terhadap bencana alam yang bertubi-tubi menghantam Indonesia. Pria kelahiran Sumbawa Besar, NTB, 31 Agustus 1958, tersebut menyeru warga Muhammadiyah agar memprioritaskan penyaluran bantuan hewan kurban untuk korban banjir di Wasior, tsunami di Mentawai, dan letusan Gunung Merapi.

"Rabu (17/11) besok saya akan serahkan 1.000 ekor sapi dan kambing untuk korban Merapi," kata Din saat berkunjung ke Jawa Pos di Graha Pena, Surabaya, kemarin (15/11). Ribuan hewan kurban yang dihimpun Lazismu (lembaga amil zakat, infak, dan sedekah Muhammadiyah) itu akan diserahkan di Stadion Maguwoharjo, Sleman.

Tokoh bernama Sirajuddin Syamsuddin tersebut menyebut Islam memerintahkan umat agar terlibat dalam kehidupan dunia sebagai tempat beramal tanpa melihat perbedaan. Meski penetapan Idul Adha tahun ini antara Muhammadiyah dan pemerintah berbeda, dia meminta masyarakat menyikapinya dengan toleransi. "Membantu orang yang kesulitan karena tertimpa musibah adalah kewajiban bersama," tutur suami Ny Fira Beranata itu.

Din hari ini (16/11) menjadi imam dan khatib salat Id di Tugu Pahlawan, Surabaya. Doktor lulusan University of California at Los Angeles (UCLA) itu menyatakan, pihaknya merespons penanggulangan korban Merapi lewat Pusat Koordinasi MMDC (Muhammadiyah Disaster Management Center) yang ditangani Ketua PP Muhammadiyah Syafiq Mughni. Mereka melayani 89 titik pengungsian di enam daerah sekitar Merapi. Selain layanan kesehatan, MDMC memberikan pendampingan psikososial, pendidikan, ketahanan pangan, logistik, dan gizi anak. (sep/c2/dwi)

 

METRO TV, EXTRA JOSS, LAZISMU SUMBANG 1.000 HEWAN KURBAN

Rabu, 17 November 2010 19:58 WIB

(YOGYAKARTA—MICOM Rabu, 17 November 2010 19:58 WIB): Metro TV, Extra Joss, dan Lembaga Amil Zakat Infak dan Sodaqoh Muhammadiyah (Lazismu) menyumbang 1.000 hewan kurban untuk masyarakat Yogyakarta. Beberapa ekor di antaranya dikhususkan bagi para pengungsi bencana Gunung Merapi.

Ketua Umum PP Muhammadiyah Dien Syamsudin pada kesempatan itu mengemukakan, korban bencana harus diutamakan untuk bisa menerima daging kurban pada perayaan Idul Adha ini. "Saya anjurkan kepada umat muslim agar mendahulukan mereka yang terkena musibah," jelasnya di sela penyerahan hewan kurban di Stadion Maguwoharjo, Rabu (17/11).

Panitia penyembelihan hewan kurban di Maguwoharjo Bambang Maryanto mengaku, hari ini pihaknya menyembelih 32 sapi dan 63 kambing. Jumlah tersebut masih akan bertambah.

"Bantuan dari Metro TV, Extra Joss, dan Lazismu sudah kami terima dan akan kami potong hari ini. Makanya jumlahnya masih terus bertambah," katanya.

Dengan banyaknya hewan kurban yang disembelih tersebut, pihaknya akan menyalurkan kepada para pengungsi di luar Stadion Maguwoharjo. Pihaknya hanya mengambil 8 kwintal daging untuk pengungsi di Stadion Maguwoharjo.

"Daging selebihnya kami bagikan ke dapur umum yang ada di barak pengungsian lain di 14 Kecamatan. Kami hanya mengambil yang sesuai dengan kebutuhan di sini saja," tegasnya.

Hewan kurban diserahkan langsung oleh pihak Muhammadiyah, Extra Joss, serta Metro TV. Gubernur DIY Sri Sultan HB X dan Bupati Sleman Sri Purnomo juga turut menyaksikan penyerahan tersebut. (OL-5)

 

Salurkan Zakat Infaq dan shodaqoh Anda melalui LAZISMU Bekasi

Ruko Permata Blok A3 No. 1 Plasa Metropolitan Tambun

Telp. 02180355456 fax. 02188331912, Hp. 081338760020

Email: lazismubekasi@yahoo.co.id

No. Rekening: Infaq (Mandiri 123.00 00 88 7788), Zakat (Mandiri 123.00 70 70 7007)

Insya Allah Amanah, Transparan dan Profesional

 

__._,_.___
Recent Activity:
******************************************

Bergabunglah Di Komunitas Bisnis Halal

******************************************

http://groups.yahoo.com/group/bisnis_halal

******************************************

NO SPAM dan No HARAM

******************************************
.

__,_._,___

0 comments:

Post a Comment

Featured Content