[DUNIA_PROPERTY] Mengenal Pelat Lantai dari Bahan PANEL

 

Yang dimaksud dengan pelat lantai adalah lantai yang tidak terletak di atas tanah langsung, jadi merupakan lantai tingkat. Pelat lantai ini didukung oleh balok-balok yang bertumpu pada kolom-kolom bangunan.

Fungsi pelat lantai adalah: 
1.Memisahkan ruang bawah dengan ruang atas.
2.Sebagai tempat berpijak penghuni di lantai atas.
3.Untuk menempatkan kabel listrik dan lampu pada ruang bawah.
4.Meredam suara dari ruang atas maupun dari ruang bawah.
5.Menambah kekakuan bangunan pada arah horizontal.

Pelat lantai harus direncanakan kaku, rata, lurus, dan waterpass (mempunyai ketinggian yang sama, tidak miring) agar terasa mantap dan enak untuk berpijak kaki.
Ketebalan pelat lantai ditentukan oleh beban yang harus didukung, besar lendutan yang diijinkan, lebar bentangan atau jarak antara balok-balok pendukung, juga bahan konstruksi dari pelat lantai.

  Pelat lantai berbahan PANEL umumnya dibuat dari rangkaian EPS dan anyaman kawat baja diagonal 2,5mm yang melingkupi EPS tadi dan disatukan menjadi kesatuan yang kuat, sehingga membentuk bidang injak yang luas.

Ukuran lebar PANEL umumnya 120 cm, panjang bisa sampai 9 mtr, tebal panel dapat dipilih dari 40 s/d 200 mm(belum plaster). Pelat lantai dengan bahan Panel dapat mendukung sampai bentangan 6 x 6 meter. Jadi tanpa memerlukan balokan lagi dalam aplikasinya. Lho? Serius...? Iya...beneran serius :)

Keuntungan lain materi dasar EPS yang sangat ringan, sekitar 3 kg/mtr sebelum di plaster, dan dapat menahan beban sampai 300kg/mtr persegi...woww!!

Mau tau kelebihan lain? Hehe...bahannya tidak merambatkan suara karena perbedaaan masa/kerapatan plaster dan EPS-nya, jadi suara di lantai atas ga bakalan kedengeran di lantai bawahh...hhmmm :)
Terus pemasangannya mudah dan relatif cepat, karena pembuatannya secara prefabrikasi, jadi tinggal dirangkai diproyek.

Sampai di sini saja sudah ketahuan bahan PANEL bener-bener cost effective.
Masih ada lagi, bahannya impermiable, jadi air tidak bakalan merembes, plafon yang menopang kamar mandi aman dong.

Masih kurang? Yang ini bisa jadi bahan pertimbangan lagi: karena terbuat dari bahan sintetik jadi tidak mungkin dimakan rayap, terus tidak merambatkan api dan suhu panas jadi ruangan ber-AC tidak membutuhkan energi besar.

Sampai di sini sudah paham kan dengan bahan bangunan teknology Itali ini. Jadi kalau tertarik untuk mengaplikasikan bahan PANEL di bangunan Anda segera konsultasikan dengan arsitek kesayangan Anda ya Modern People.

Semoga bermanfaat ya :)

__._,_.___
Reply via web post Reply to sender Reply to group Start a New Topic Messages in this topic (1)
Recent Activity:
MARKETPLACE


.

__,_._,___

0 comments:

Post a Comment

Featured Content